Tips Memiliki Tubuh Ideal

Tubuh Ideal dan Sehat
Tips Memiliki Tubuh Ideal

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa setiap orang pasti mendambakan memilki tubuh yang ideal. Baik itu pria ataupun wanita, memiliki bentuk badan yang baik sudah menjadi keinginan tersendiri. Tetapi tidak sedikit orang yang memiliki masalah berat badan berlebih. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat dialami oleh setiap orang tanpa terkecuali bahkan dapat terjadi pada anak-anak. Hal tersebut berdasarkan penelelitian bahwa obesitas pada anak-anak dan remaja merupakan masalah besar di negara maju dan berkembang (Gupta et al.,2012).

Berdasarkan organisasi kesehatan dunia (WHO), obesitas adalah penumpukan lemak yang melebihi batas sehingga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu sangat penting bagi setiap orang untuk senantiasa menjaga kesehatan serta memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Masalah mengenai obesitas tidak bisa dianggap sepele karena tanpa disadari obesitas yang berlebih akan berbahaya bagi kesehatan bahkan dapat berujung kematian. Hal tersebut karena gizi berlebih atau obesitas dapat memicu resiko kematian yang diakibatkan degeneratif. Menurut (fallah ST) penyakit degradatif sekarang menjadi urutan pertama penyebab kematian di indonesia. Berdasarkan peneltia yang dilakukan oleh WHO (2010) bahwa obesitas dapat menjadikan meningkatnya resiko kematian. Oleh karena itu setiap orang harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan serta harus tahu tentang penyebab terjadinya obesitas. Sehingga nantinya ada upaya untuk pencegahan. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan obesitas diantaranya kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan seperti makanan  yang dikonsumsi, kegiatan sehari-hari, serta kualitas tidur. Hal tersebut menjadi kebiasaan yang kurang baik jika tidak sesuai atau melebihi batasannya. Selain itu seringnya mengonsusmsi makanan cepat saji juga ikut berperan dalam menjadikan tubuh menjadi obesitas, serta sarapan dapat menjadikan seseorang menjadi obesitas, maksudnya sarapan yang dilakukan di pagi hari tidak menyebabkan obesitas, akan tetapi anak yang tidak sarapan di pagi hari maka ketika siang harinya ia akan makan makanan lebih banyak sehingga mempercepat obesitas Tin et al (2011). Satu hal yang tidak kalah penting yang dapat menjadikan seseorang obesitas yakni pendapatan keluarga, seseorang yang memilki pendapatan tinggi biasanya di iringi dengan konsumsi yang tidak biasa terutama dalam hal makan. Hal itu menjadikan berat badan semakin tinggi serta dapat menjadikan obesitas jika tidak di imbangi dengan olah raga teratur.

Ketika sudah mengetahui penyebab obesitas maka bagi anda yang memilki berat badan berlebih atau obesitas dapat mengonsumsi makanan serta melakukan hal berikut ini yang dapat menurunkan berat badan anda salah satu diantaranya:

  1. Beras Merah

Anda dapat mengganti beras putih dengan beras merah karena manfaat yang dihasilkan oleh beras merah berupa dapat mencegah serta menurunkan berat badan atau obesitas karena di dalam beras merah terdapat banyak kandungan mineral,magnesium serta serat yang dapat dijadikan makanan pengganti nasi putih untuk diet. Ketika anda merutinkan makan nasi merah makan secara alami tubuh anda akan mendapatkan makanan yang sangat baik untuk program anda menurunkan atau menjaga berat badan.

  1. Buah-buahan

Ketika anda sering mengonsumsi buah-buahan dapat menurunkan kadar lemak serta dapat menjaga kesehatan anda dan keluarga.

  1. Olah raga

Olah raga sangat dianjurkan bagi and ayang memilki berat badan berlebih atau obesitas. Ketika berolahraga maka kolesterol, lemak dapat terbakar sehingga sangat efektif menurunkan berat badan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *